KONSELING EDUKASI : Journal of Guidance and Counseling
Vol 2, No 2 (2018): Konseling Edukasi: Journal Of Guidance and Counseling

Meningkatkan Motivasi Belajar Menghadapi Ujian Nasional Melalui Metode Hipnoterapi

Ernawati, Ernawati (Unknown)
Fadillah, Galih Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2018

Abstract

Salah satu inidikasi rendahnya motivasi belajar pada siswa dapat terlihat dari pelanggaran aturan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX jelang ujian nasional melalaui metode hipnoterapi. Jenis penelitian ini  penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat eksperimen partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan. Hasil Peneilitian ini menunjukkan ada pengaruh metode hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX. Hasil pengukuran sebelum diberikan metode hipnoterapi perasaan yang dialami siswa menjelang ujian adalah terdapat 21 siswa merasa tidak semangat dan bingung, 5 siswa merasa takut,  4 siswa merasa belum siap dan hanya 2 siswa merasa senang dalam menghadapi ujian. Hasil setelah dberikan hipnoterapi 30 siswa merasa termotivasi, bersemangat dan merasa menyadari kesalahan diri serta 2 siswa merasa lebih percaya diri dan lebih berani hadapi ujian nasional.Kata kunci : motivasi belajar,metode hipnoterapi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Konseling_Edukasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Personal Guidance and counseling Social Guidance and counseling Academic Guidance and counseling School Guidance and Counseling Guidance and Counseling in Higher Education Assesment in Guidance and Counseling Multicultural Counseling Evaluation and Supervision in Guidance and Counseling ...