Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 6, No 2 (2015): September

PENINGKATAN SIKAP TERHADAP SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PENGGUNAAN TOSRA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 6 MATARAM

Ellysabeth Usmiatiningsih (SMP Negeri 6 Mataram)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sikap negatif siswa pada materi IPA yang bersifat virtual sehingga mengakibatkan materi IPA sulit dipelajari. Subyek penelitian tindakan kelas yaitu kelas VIIIE berjumlah 26 siswa yang memiliki karakter meremehkan pelajaran IPA, tidak senang belajar IPA sehingga pada materi tertentu memilikinilai rendah. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah cahaya karena cakupan materi yang cukup luas dengankriteria ketuntasan minimal (KKM) 77. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dengan menggunakan modelpembelajaran inquiry yang bertujuan untuk meningkatkan sikap terhadap sains siswa. Hasil Penelitian tindakan kelasyaitu terjadi peningkatan sikap terhadap sains sebesar 19,04%, peningkatan sikap siswa selama diskusi sebesar21,75%, peningkatan skor rata-rata diskusi siswa sebesar 26,53, peningkatan keterlaksanaan KBM sebesar 5,6%.Maka dalam peneltian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry dapat meningkatkansikap terhadap sains siswa. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education

Description

Theoretical studies, research and development of teaching materials, activities, models or learning media in the field of education include mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, geography, culture and economy; ...