Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 11 No 1 (2019)

Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dengan Teknik Mind Mapping pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta

Megawati M (STKIP Kusuma Negara)
Nurina Kurniasari Rahmawati (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa dengan teknik mind mapping di STKIP Kusuma Negara, Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Classroom Action Research. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan. Tahapan tersebut adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan test. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa dengan teknik mind mapping yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan 72% serta nilai rata-rata83.24. Pada siklus I terdapat 28 % mahasiswa yang sudah tuntas atau melebihi KKM yaitu 80, dengan nilai rata-rata 75.68, pada siklus II terdapat 72 % atau nilai rata-rata 83.24. Mahasiswa memberikan respon yang baik selama proses pembelajaran, mereka antusias dan bersemangat ketika menulis bahasa Inggris dengan teknik mind mapping. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris mahasiswa di STKIP Kusuma Negara.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...