Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2013)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG

Ranni Permatasari (Mathematics Education Study Program, Sriwijaya University, Palembang)
Ratu Ilma Indra Putri (Mathematics Education Study Program, Sriwijaya University, Palembang)
Indaryanti Indaryanti (Mathematics Education Study Program, Sriwijaya University, Palembang)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan scientific di kelas VIII.11 SMP Negeri 9 Palembang. Pendekatan Scientific merupakan pendekatan dimana siswa diajak untuk melakukan proses pencarian pengetahuan, menemukan sendiri berbagai fakta, mengkonstruk pengetahuan, membangun konsep, dan nilai-nilai baru yang diperlukan untuk kehidupannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific pada materi bangun ruang sisi datar dikategorikan baik dengan persentase sebesar 77,46% dan hasil belajar untuk ranah sikap siswa mencapai ketuntasan sebesar 70,37%, hasil belajar untuk ranah keterampilan kinerja siswa mencapai ketuntasan sebesar 77,78%, serta hasil belajar untuk ranah pengetahuan siswa mencapai ketuntasan sebesar 92,59% dari 27 orang siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan scientific mencapai kategori baik dari segi ketuntasan belajar untuk ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...