Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2007)

PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MATEMATIKA

Budi Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2014

Abstract

Penilaian merupakan salah satu tahapan yang penting dalam proses pembelajaran matematika karena melalui penilaian guru dapat mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai.  Penilaian dapat dilakukan melalui pengukuran (deskripsi kuantitatif) dan/atau melalui non-pengukuran (deskripsi kualitatif). Ketika guru mengumpulkan informasi mengenai tingkat pemahaman siswa melalui pertanyaan, observasi, dan pemberian tugas sebenarnya guru telah melakukan evaluasi non-pengukuran. Kegiatan guru tersebut sangat bermanfaat dalam menentukan tingkat penguasaan siswa dan dalam  menilai keefektifan proses pembelajaran. Informasi yang akurat tentang hasil belajar, minat dan kebutuhan siswa hanya dapat diperoleh melalui asesmen dan penilaian yang efektif.  Asesmen yang sedang berkembang saat ini adalah penilaian portofolio yang disinyalir memiliki banyak manfaat baik bagi guru maupun bagi siswa.  Penilaian portofolio lebih luas dibandingkan penilaian melalui tes, karena dengan portofolio, guru dapat mengikuti perkembangan kognitif, sikap, minat dan berbagai kegiatan siswa berkaitan dengan matematika. Dengan demikian guru dapat memanfaatkan portofolio dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Keyword: penilaian portofolio, portofolio matematika

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...