Mengetahui pengembangan kemampuan motorik halus melaluikegiatan meniru pada anak usia dini, merupakan tujuan darihasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini, melalui riset langsungdengan sampel kelompok B di PAUD Ar-Rohman JakartaTimur Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakanadalah metode meniru tulisan, teknik pengumpulan data yaitudengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakandalam 3 siklus dalam 3 hari penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu:perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertamayaitu pertemuan. Teknik analisis komparatif untukmembandingkan kemampuan anak setiap siklusnya yaitudengan persentase keberhasilan. Hasil penelitian inimenunjukkan terjadi peningkatan 5% tiap siklus yaitu akhirhasil terdapat 37 peserta didik mengalami peningkatan menulisyang cukup signifikan, dibandingkan pada observasi awal hanya17 peserta didik dari 40 yang mampu menulis. Hal inimenunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anakmengalami peningkatan melalui kegiatan meniru tulisan. Inidapat dilihat dari persentase hasil observasi kemampuanmotorik halus anak.
Copyrights © 2019