Journal of Lifelong Learning (JOLL)
Vol 1, No 1 (2018)

Problem Yang Dihadapi PKBM Wira Bakthi Dalam Pengentasan Buta Huruf Di Kota Bengkulu Tahun 2015

Marlina, Azana Eka (Unknown)
Suratman, Asep (Unknown)
Rachmat, Agus Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2018

Abstract

Maksud dari penelitian ini  secara umum adalah untuk mengetahui apa saja problem yang dihadapi dan strategi dalam pengentasan buta huruf di PKBM Wira Bakthi Kota Bengkulu tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik  pengumpulan data yaitu, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian meliputi kepala PKBM Wira Bakthi, tutor keaksaraan satu dan tutor keaksaraan dua. Untuk membuktikan keabsahan data dilakukan pengecekan data menggunakan triangulasi subjek, teknik, tempat dan triangulasi waktu. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat masalah yang bersifat teknis, output dan strategi PBA yang di hadapi PKBM Wira Bakthi kota Bengkulu pada tahun 2015, yaitu pertama problema yang bersifat teknis mengenai sarana dan prasarana, data otentik warga belajar, identifikasi kebutuhan belajar serta dalam perekrutan tutor keaksaraan. Kedua mengenai problem yang bersifat output dari program keaksaraan, bagaimana warga belajar mempertahankan dan meningkatkan kemampuannya dan upaya yang dilakukan PKBM Wira Bakthi dalam menciptakan lingkungan melek aksara bagi alumni keaksaraan dan bagi semua lapisan masyarakat khususnya di lingkungan disekitarnya. Ketiga  mengenai strategi apa yang dilakukan  dari problem yang dihadapi dalam pengetasan buta aksara di PKBM Wira Bakthi kota Bengkulu tahun 2015. Kata Kunci: Permasalahan Dan Strategi Dalam Pengentasan Buta Huruf Di PKBM Wira Bakthi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JOLL Journal Of Lifelong Learning encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including Education for Human Resources Development, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of nonformal and informal ...