PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
PENGABDI : VOL. 1, NO. 1 (2020)

Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Higher Order Thinking Skills (HOTs) Berbasis Personal Hygiene pada Kelompok Guru Sekolah Dasar

Mantasiah R (Universitas Negeri Makassar)
Yusri Yusri (Universitas Fajar)
Andi Tenri Ola Rivai (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar)
Nur Abidah Idrus (Universitas Negeri Makassar)
Andi Alamsyah Rivai (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini yakni memberikan pemahaman kepada guru sekolah dasar terkait pengembangan bahan ajar HOTS  berbasis personal hygiene  yang dapat digunakan selama school from home sebagai salah satu upaya dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Program pelatihan pengembangan bahan ajar ini dibagi menjadi 4 tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi,  tahap refleksi dan evaluasi. Peserta dalam pelatihan ini yakni 25 guru sekolah dasar di Kabupaten Jeneponto.   Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan program, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis pendekatan HOTS. Pemahaman dalam hal ini adalah pemahaman dalam merancang, mengembangkan, megimplementasikan serta mengevaluasi bahan ajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Selain pendekatan HOTS, guru juga mulai memahami materi personal hygiene atau manajemen kebersihan diri dan pentingnya materi tersebut diintegrasikan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pengabdi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

PENGABDI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar. Jurnal ini menerbitkan artikel laporan hasil program pengabdian masyarakat yang bersifat multidisiplin, baik itu dalam bidang pendidikan, sosial ekonomi, budaya, dan ...