HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 37 No 2 (2020)

MENURUNKAN RENDAH DIRI SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING

Dwi Ridhowati (Unknown)
Winda Nur Hidayanti (Unknown)
Eva Yuanita Ferdian (Unknown)
Anita Dianasari (Unknown)
Kusumaningtyas Febri Wijayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas Menurunkan rendah diri melalui konseling kelompok cognitife restrukturing siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Merakurak. Penelitian ini termasuk jenis pretest posttes one group design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa kelas VIII-Ayang memiliki rendah diri tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametik dengan uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%, menunjukan adanya perbedaan skor tingkat rendah diri sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok cognitive restructuring. Hal ini berarti bahwa rendah diridapat diturunkan melalui konseling kelompokdengan strategi cognitive restructuring. Jadi hipotesis yang diajukan dalam peneliytian ini yang berbunyi “Rendah diri siswa secara signifikan dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan strategi cognitive restructuring pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Merakurak-Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021” dapat diterima..

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...