Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 2, No 2 (2020): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMAN CIBODAS KECAMATAN PERIUK KOTA TANGERANG

Aam Amaliyah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Candra Puspita Rini (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Saktian Dwi Hartantri (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Siska Yuliani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Taman Cibodas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, pemberian angket, dan tes matematika. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa kesulitan belajar matematika yang dialami siswa tinggi dengan presentase 61%. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika yaitu kesulitan memahami penjelasan dan maksud soal, kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam memahami simbol dan kesulitan dalam perhitungan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, kecerdasan rendah, sikap kurang memperhatikan pembelajaran, minat belajar rendah, dan motivasi belajar rendah. Faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, suasana belajar di rumah  kurang kondusif, kondisi lingkungan, pengaruh media massa, penyajian materi pembelajaran kurang menarik, metode pembelajaran kurang bervariasi, jarangnya media pembelajaran digunakan, dan saran pembelajaran belum lengkap.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...