Bivalen: Chemical Studies Journal
Vol 1 No 2 (2018)

Pengaruh model pembelajaran learning starts with a question (LSQ) berbantukan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non-elektrolit

Listiani Listiani (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)
Muh. Amir Masruhim (Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)
Hartati Hartati (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Learning Starts With A Question (LSQ) berbantukan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 14 Samarinda pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Samarinda. Sampel penelitian yang diambil adalah kelas X-2 dan X-3 dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Kelas X-2 menggunakana model pembelajaran LSQ berbantukan media peta konsep sedangkan kelas X-3 menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata kelas X-2 dan X-3 adalah berturut-turut adalah 79,93 dan 74,60. Kelas yang menggunakan model pembelajaran LSQ berbantukan media peta konsep memiliki rata-rata nilai hasil belajar lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan teknik analisa data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran LSQ berbantukan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non-elektrolit

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bivalen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Bivalen: Chemical Studies Journal (e-issn: 2615-8426; p-issn: 25\615-8418), disingkat Biv. Chem. Stud. J., dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu ...