Bivalen: Chemical Studies Journal
Vol 2 No 2 (2019)

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan kemampuan soft-skills siswa SMA pada materi hukum dasar kimia

Putri Wulan Mayangsari (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)
Usman Usman (Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)
Ratna Kusumawardani (Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dan soft-skills siswa SMA pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini dilkasanakan di SMA Negeri 6 Balikpapan. Jenis penelitian ini tergolong ke dalam quasi experimental. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling adalah siswa kelas X yang berasal dari kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3, masing-masing berjumlah 35 siswa. Siswa kelas X MIPA 3 diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri (kelas eksperimen) dan siswa kelas X MIPA 2 diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Hasil belajar dan soft-skills siswa dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan soft-skills siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan (α=0,05) dibanding siswa kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan soft-skills siswa pada materi hukum dasar kimia

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bivalen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Bivalen: Chemical Studies Journal (e-issn: 2615-8426; p-issn: 25\615-8418), disingkat Biv. Chem. Stud. J., dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu ...