DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 2, No 2 (2018): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

ANALISIS KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SDIT QOSRUL MUHAJIRIN KABUPATEN TASIKMALAYA

Riga Zahara Nurani (Universitas Perjuangan)
Hatma Heris Mahendra (Universitas Perjuangan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di kalangan masyarakat. SDIT memiliki kurikulum yang berbeda dengan SD pada umumnya. Setiap SDIT biasanya memiliki keunggulan tersendiri dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara umum tentang kurikulum yang digunakan di SDIT Qosrul Muhajirin Kabupaten Tasikmalaya beserta pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data digunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, SDIT Qasrul Muhajirin memiliki kekhasan dalam bidang tahfidz quran. Siswa yang sekolah di SDIT ini wajib hafal 2 juz selama 6 tahun pembelajaran, yaitu juz 30 dan juz 29. Di sekolah ini, pendidikan agama ditanamkan sejak dini salah satunya dengan pembiasaan shalat duha setiap hari sebelum pembelajaran. Selain itu, mulai kelas 4 SD para siswa diwajibkan mondok di sekolah setiap malam sabtu untuk melakukan tahsin quran dan pembiasaan shalat tahajud. Sekolah ini banyak dipilih oleh orang tua karena pendidikan agama yang diberikan kepada para siswa ditanamkan secara langsung melalui proses pembiasaan.   

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...