DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 4, No 1 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pembelajaran Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Minsih Minsih (PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Pressilia Yusa (PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Treny Hera (Universitas PGRI Palembang)
Imam Mujadid (PGSD Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan gangguan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas rendah di MI Muhammadiyah Gonilan Kartasura. Salah satu penyebab kesulitan belajar matematika yaitu penggunaan metode dan strategi yang masih konvensional. Guru masih menerapkan pembelajaran yang yang berorientasi pada guru yaitu ceramah dan penugasan. Karena itu, penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan cenderung melibatkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif sangat diperlukan agar mempermudah proses pembelajaran terutama siswa yang mengalami berkesulitan belajar. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika di kelas rendah. Data yang dianalisis berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya menggunakan validitas data triangulasi sumber dan teknik. Hasil menyatakana bahwa terdapat beberapa strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Muhammadiyah Gonilan Kartasura. Strategi yang dilakukan berupa; 1) Memberikan jam tambahan/pretest, 2) Program remidial, 3) Memonitor peserta didik secara khusus, 4) Menggunakan media pembelajaran, dan 5) Memberikan motivasi. Dari strategi tersebut, dapat membantu kesulitan belajar siswa kelas rendah yang menalami berkesulitan belajar pada pelajaran matematika. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...