JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 1 (2019): JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Rizqi Aditya Nugraha (Universitas Sebelas Maret)
Riyadi Riyadi (Universitas Sebelas Maret)
Lies Lestari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan konsep menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 67,1 dengan ketuntasan klasikal 27% meningkat menjadi 75,74 dengan ketuntasan klasikal 57,58% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,82 dengan ketuntasan klasikal 87,88% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas V SD N Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan merupakan jurnal yang mengkaji tentang pendidikan Indonesia secara komprehensif baik pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Bahasan kajian yang akan dikaji meliputi hal-hal terkait paedagogik, metode pembelajaran, ...