JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 1 (2019): JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pendek pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Rahayu, Peni (Unknown)
Rukayah, Rukayah (Unknown)
Markamah, Endang Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan pengaruh media pembelajaran terhadap keterampilan menyimak cerita pendek pada siswa yang dibelajarkan dengan media audio visual dan media audio; 2) perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak cerita pendek pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; 3) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap keterampilan menyimak cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen semu desain faktorial 2x2. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa (1) H0A ditolak, FA > F0,05;1;30; (2) H0B ditolak, FB > F0,05;1;30; (3) H0AB ditolak, FAB > F0,05;1;30

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan merupakan jurnal yang mengkaji tentang pendidikan Indonesia secara komprehensif baik pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Bahasan kajian yang akan dikaji meliputi hal-hal terkait paedagogik, metode pembelajaran, ...