Padaringan : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi
Vol 2, No 1 (2020): (Januari )

INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XII IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH DI SAMAKAN WILAYAH SUL-SEL KOTA MAKASSAR

Rahmat Nur (Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Gambaran umum SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar (2) Deskripsi pengintegrasian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar, (3) Bentuk penilaian nilai-nilai  karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar, (4) Faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah  deskriptif kualitatif.. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Sosiologi  di kelas XII IPS 2 di lakukan beberapa tahap  pertama, pada kegiatan awal adalah membudayakan berdoa sebelum belajar. Nilai karakter yang muncul adalah nilai religius. Kedua, pada kegiatan inti nilai karakter yang muncul adalah nilai rasa ingin tahu dan bersahabat ,Ketiga, guru menutup pelajaran dengan membaca do’a.nilai karakter yang muncul adalah nilai religius (2) Bentuk  penilaian nilai-nilai  karakter dalam pembelajaran IPS adalah didasarkan pada indikator yang telah ditentukan yaitu indikator untuk nilai rasa ingin tahu, disiplin, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan. (3) Faktor pendukungnya adalah karena adanya Adanya paradigma dan komitmen yang sama antara kepala sekolah dan guru tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sedangkan faktor penghambat pengintegrasian nilai-nilai karakter adalah kurangnya kesadaran diri yang tinggi dari peserta didik, kurangnya perhatian orang tua yang masih belum memahami secara maksimal tentang pentingnya dukungan orang tua dalam membangun karakter anaknya di rumah, kreatifitas guru dalam dalam mengembangkan media pembelajaran masih terbatas dikarenakan persiapan media setiap harinya membutuhkan banyak waktu, tenaga dan pikiran. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

padaringan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Padaringan adalah Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari,Mei,dan September) oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi yang memuat tentang aspek : (1) Hasil Penelitian,(2) Opini, resensi buku maupun info pendidikan, sosiologi serta ...