Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 2 (2018): EDUMEDIA Jurnal keguruan Dan ilmu pendidikan

PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 1 KELAM PERMAI

Marzuki - (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2018

Abstract

Model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan antusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Strategi pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping itu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar diantara siswa. Tujuan penelitian yaitu ada dua, yang pertama untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Tujuan yang ke dua mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian yaitu nonequvalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi berupa gambar penelitian dan foto serta dokumen nilai yang berkaitan dengan hasil. Data analisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung 5,764 > ttabel 1,994. artinya hasil uji hipotesis thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel sehingga model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match yang diterapkan pada kelas eksperimen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Kelam Permai. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match terhadap hasil belajar siswa yaitu (d) 0,78 (kategori pengaruh Sedang).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...