Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 1, No 2 (2017): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

EFEKTIVITAS OBJEK OTENTIK UNTUK MENGAJARKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Cenderato , S.Pd, M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini adalah tentang penggunaan objek otentik untuk mengajarkan kosa katabahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan Pra-eksperimen. Populasi penelitian adalah156 siswa kelas VII SMPN 1 Ketungau Hulu di tahun akademik 2016/2017. Siswa kelas Cdijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah pengukuran dan alat pengumpulandata adalah tes dalam bentuk tes pilihan ganda.Berdasarkan temuan, nilai rata-rata dari posttestadalah 75,39 dan dikategorikan “Baik”. Hasil perhitungan t-test menunjukkan bahwa “11,79”lebih tinggi dari t-tabel untuk derajat kebebasan 37 yang 1,697. Selain itu, perhitungan padaPengaruh Effect Size adalah 1,65 dikategorikan “Sangat Efektif” karena lebih tinggi dari 0,8yang tingginya tingkat efektivitas (ES> 0,8 = 1,65> 0,8). Dari perhitungan, dapat disimpulkanbahwa pengajaran kosakata melalui Authentic Object adalah “sangat efektif”. Oleh karena itu,hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa “Authentic Object efektif untuk mengajarkankosakata” diterima. Sementara, hipotesis nol yang menyatakan “Authentic Object tidak efektifuntuk mengajarkan kosakata” ditolak.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...