Literasi visual adalah kemampuan untuk menerjemahkan berbagai bentuk visual. Kemampuan ini diharapkan dimiliki oleh mahasiswa di suatu perguruan tinggi yang dituntut untuk lebih terampil dan kreatif dalam mengemukakan ide dan gagasan di era literasi digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi visual mahasiswa prodi pendidikan biologi di Universitas Kapuas Sintang, Kalimantan Barat. Pengujian dilakukan menggunakan teknik observasi langsung, teknik wawancara dan kuisoner untuk membantu mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam literasi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 61,43 % mahasiswa mampu untuk membuat gambar visual berupa grafik histogram dan chart saat melakukan presentasi power point serta mampu mengplikasikan animasi bergerak yang sederhana sebanyak 60%. Namun, sebanyak 43,14% mahasiswa belum mampu untuk melakukan editing video. Selain itu, sebanyak 60,58% mahasiswa sudah mampu untuk menerjemahkan gambar dan mengungkapkan makna dari sebuah ilustasi gambar yang merupakan komponen penting dalam literasi visual.
Copyrights © 2018