Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4, No 1 (2020): Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Mistur - (Unknown)
Nurhadiah - (Unknown)
marzuki - (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran predict observe explain dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict observe explain terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Sokan Tahun Pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan metode penelitan kuantitatif dan bentuk penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sokan dan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa yang menjadi sampel sebanyak 65 orang. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran predict observe explain dapat diterapkan dengan baik, dimana semua aspek pembelajaran terlaksana 100%. Model pembelajaraan predict observe explain berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Sokan Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan kriteria berpengaruh besar yang diketahui dari nilai effect size 1,10.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...