Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 01 (2020): Agustus

Efektifitas Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana

Fembriani Fembriani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Taty R Koroh (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Pasmiyati Pasmiyati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Ribka Polin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Keterbatasan pertemuan dosen dan mahasiswa menjadi masalah penting di era ini. Dosen tidak dapat bertemu dengan mahasiswa, hal ini terjadi karena perkembangan virus COVID-19 yang menjadi ancaman. Akan tetapi kegiatan perkuliahan harus tetap dilaksanakan. Pembelajaran menggunakan edmodo menjadi salah satu jalan keluarnya. Matakuliah belajar pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi edmodo. Matakuliah ini merupakan matakuliah dasar yang harus dikuasai mahasiswa PGSD. Sebagai calon guru mahasiswa harus menguasai teori-teori belajar yang ada dalam matakuliah belajar pembelajaran. embelajaran dengan edmodo mendapatkan hasil penelitian yang efektif. Hasil tersebut didapatkan dari analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti. Analisis data dimulai dari uji validitas dan reliabilitas, dan mendapatkan hasil bahwa semua soal yang digunakan untuk penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian yang efektif dianalisis menggunakan uji T dan uji N-Gain. Uji T mendapatkan hasil 0,000<0,005 hal ini berarti Ha diterima yaitu ada perbedaan nilai pretest dan posttest setelah mendapatkan pembelajaran dengan edmodo. Uji N-Gain mendapatkan hasil rata-rata 0,491 berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan edmodo dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan kategori sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...