FOUNDASIA
Vol 11, No 2 (2020)

Analisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa sekolah dasar

Larasaty Indah Kumalasari (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sigit Dwi Kusrahmadi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Herwin Herwin (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Negeri se-Gugus Barenglor yang berjumlah 374 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 193 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kedisiplinan dan kecerdasan emosional. Instrumen ini diujicobakan kepada 159 responden. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan korelasi aitem total terkoreksi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...