Jurnal Ilmiah Didaktika : Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Didaktika Agustus 2020

ANALISIS GENERIC LIFE SKILLS MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 08 PONTIANAK

Rauda Rauda (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Arif Didik Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Anandita Eka Setiadi (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri 08 Pontianak telah menerapkan prinsip-prinsip kecakapan hidup dalam proses pembelajaran biologi, namun dalam penerapannya belum mendapatkan hasil yang maksimal. Diperlukan suatu metode agar kecakapan hidup dapat dikembangkan, salah satunya melalui model problem based learning. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kecakapan hidup general siswa pada pembelajaran sistem gerak di kelas XI dengan model Problem Based Learning. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan jenis pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari angket, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan kecakapan hidup general di kelas XI Lina (Lintas Minat) terkategori Baik dengan rata-rata sebesar 70%. Kecakapan hidup general yang muncul saat pembelajaran PBL adalah Kecakapan spiritual berupa penghayatan diri sebagai makhluk tuhan sebesar 82%, kecakapan potensi berupa menyadari kelebihan yang dimiliki dan percaya diri sebesar 68%, kecakapan berfikir yaitu menggali informasi, menemukan, mengelola, dan mengambil keputusan sebesar 69%, kecakapan komunikasi berupa mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis sebesar 69%, kecakapan bekerjasama berupa tanggung jawab sebesar 73%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kecakapan hidup general siswa setelah diajarkan dengan menggunakan PBL yaitu siswa merasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan, siswa menyadari kelebihan dan kekurangan fisik yang dimiliki, kemudian siswa berfikir untuk menyelesaikan kasus permasalahan yang diberikan, berkomunikasi dan bekerjasama ketika berinteraksi antar sesama dalam satu kelompok.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Didaktika is a nationally and internationally peer reviewed general education journal open for teachers, educators and education researchers from the field of general education and related researches. We welcome all contributions that enhance and illuminate the discussion on education. ...