Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran khususnya pembelajaran kimia adalah dengan melakukan supervisi. Hal ini menggugah penulis untuk mengadakan suatu penelitian terhadap masalah ini di SMA Negeri 5 Kejuruan Muda Aceh Tamiang selama 1,5 bulan dari bulan Maret-April 2016 yang bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran kimia kelas X pada SMA Negeri 5 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Subjek penelitian ini adalah guru mapel kimia kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan wawancara pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan supervisi akademik dapat meingkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran kimia kelas X pada SMA Negeri 5 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Setelah melakukan supervisi akademik kemampuan guru mengalami peningkatan dari kategori kurang baik menjadi kategori baik dibandingkan dengan kondisi awal.
Copyrights © 2020