Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 2 No 1 (2020): January : Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 

Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mengintegrasikan Nilai Nilai Multikultural Untuk Membentuk Karakter Toleransi

Siti Yumnah (STAI Pancawahana Bangil Pasuruan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Indonesia merupakan negara berdaulat yang memiliki keragaman budaya yang masih tetap terpelihara dengan baik. Namun akibat laju perkembangan zaman yang semakin kencang, banyak isu ataupun desas-desus mengenai paham intoleransi yang sedang menjangkiti tubuh dikalangan masyarakat maupun kebudayaan kita. Adapun upaya untuk membendung paham intoleransi tersebut agar tidak menjalar kemana-mana ialah melalui jalur pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. pendidikan agama Islam diharapkan mampu mewujudkan perbaikan sikap, dan mental, peserta didik yang religius dan multikulturalis agar terbentuk peserta didik yang memiliki karakter toleransi. Salah satu upayanya ialah melalui pengintegrasian nilai-nilai multikultural ke dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. tujuan integrasi nilai-nilai multikultural tersebut ke dalam pembelajaran pendidikan agam Islam supaya menambah pengetahuan, mengembangkan sikap toleransi, dan tingkah laku untuk dapat hidup saling menghormati, toleran, penuh perdamaian, saling membantu, dan anti kekerasan. Pendidikan multikultural yang dilakukan bertujuan untuk mewujudkan persaudaraan sejati antar umat beragama yang dilandasi dengan sikap toleransi-aktif, kejujuran, penghargaan terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MPI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan is Journal of management of Islamic education research and article. It is published by Department of Islamic Education Management Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Management and Islamic education is the specific topic. There is not only part of Islamic ...