Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 8, No 1 (2020)

EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK SD MARGINAL DI TALANG SUNGAI PARIT KECAMATAN RAKIT KULIM

Edro Pedinata (Post Graduate Student of Riau University)
M. Nur Mustafa (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Sumardi Sumardi (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar (SD) Marginal Desa Talang Sungai Parit yang berlokasi di Dusun 2 Desa Talang Sungai Parit Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Tujuan Peneltian ini adalah untuk Mengevaluasi Efektivitas Implementasi Pendidikan Anak Marginal di Sekolah Dasar Marginal Desa Talang Sungai Parit. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penyelenggaraan pendidikan marginal di Desa Talang Sungai Parit Terutama Sekal disebabkan oleh faktor Ekonomi dan Kemampuan Daya serap terhadap bahan pelajaran. Sekolah marginal didirikan oleh Dinas Pendidikan berdasarkan usulan masyarakat dan bekerja sama dengan Sekolah Induk. Rekrutmen siswa sekolah marginal dilakukan oleh pihak sekolah bekerjasama dengan Tokoh masyarakat. Guru akan melakukan survey untuk menentukan apakah anak tersebut layak masuk sekolah marginal atau tidak. Sarana dan prasarana SD Marginal berasal dari dana BOS Siswa. Dana BOS Ini diterima oleh sekolah Induk, SD Marginal hanya membuat perencanaan penyediaan sarana dan prasarana di ajukan ke Sekolah Induk. Hambatan utama dalam penyelenggaraan Sekolah Marginal siswanya sering absen dengan alasan karena bekerja membantu orang tua, sehingga siswa banyak yang tertinggal materi pelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan di SD Marginal. Diantaranya adalah meningkatkan disiplin siswa dengan memberikan mereka seragam sekolah. Berdasarkan pengamatan atas studi dokumen dan arsip hasil USBN dapat ditarik kesimpulan bahwa penyelenggaraan pendidikan di SD Marginal Sudah Efektif, karena dilihat dari nilai akhir, siswa tidaklah kalah nilainya dengan SD lainya dan tahun 2018 seluruh siswa dinyatakan LulusĀ  USBN

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...