Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 7, No 2 (2019)

PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MORAL KERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR RIAU

Suharti Suharti (Post Graduate Student of Riau University)
B. Isyandi B. Isyandi (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Zulkifli N Zulkifli N (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meneliti pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Moral Kerja Guru Di SD Negeri Kecamatan Salo  Kabupaten Kampar Riau. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1).  Terdapat  pengaruh positif Kecerdasan Spiritual terhadap Moral Kerja dengan koefisien korelasi  = 0,316, persamaan regresi Ŷ = 86,612 + 0,015X1.   2).  Terdapat pengaruh positif antara Kompetensi Sosial  terhadap Moral Kerja dengan koefisien korelasi  =  0,411, persamaan regresi  Ŷ = 45,873 + 0,444X2. Dan  3). Terdapat pengaruh positif  antara Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial terhadap Moral Kerja Guru pada SD Negeri Kecamatan Salo, dengan koefisien korelasi = 0,432, dengan persamaan regresi   Ŷ = 52,792+ 0,128 X1+ 498 X2. Sabjek penelitian adalah guru-guru SD Negeri Se-Kecamatan Salo,  populasi 240 orang  dengan menggunakan  simple random sampling (secara acak) maka diperoleh sampel 150 orang guru.  Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket (quisioner), untuk menguji hipotesis digunakan uji validitas dan reliabelitas.Hasil analisis  menunjukkan bahwa Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial secara positif berpengaruh terhadap Moral Kerja  pada Guru di SD Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau adalah sebesar 18,7%.Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial terhadap Moral Kerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...