Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam As-Shofa Pekanbaru. Jenis penelitian kuantitatif ini memperoleh data dari responden sebanyak 60 orang guru. Data diambil dengan menggunakan kuesioner (angket), kemudian data dianalisis dengan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapatĀ pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi r = 0,784 dan determiniasi sebesar r2 = 0,615 (61,5% ), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi r = 0,709 dan determinasinya r2 = 0,503 (50,3%), danĀ (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi r = 0,844 dan determinasinya r2 = 0,712 (71,2%). Dengan demikian pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru kategori tinggi. Peneliti menyarankan perlu dilakukan upaya peningkatan mutu guru secara terus menerus, dengan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap kinerja guru serta meningkatkan motivasi dan semangat yang tinggi untuk bekerja.
Copyrights © 2019