Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 6, No 1 (2018)

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Titien Septria (Post Graduate Student of Riau University)
Mahdum Mahdum (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Rusdi Rusdi (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel (1) kompetensi guru terhadap produktivitas sekolah, (2) budaya organisasi terhadap produktivitas sekolah, (3) kompetensi guru dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap produktivitas sekolah. Responden penelitian adalah guru Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar yang berjumlah 83 orang diperoleh dengan teknik proportionate probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap produktivitas sekolah sebesar 0,154, dan terdapat pengaruh secara signifikan antara budaya organisasi terhadap produktivitas sekolah sebesar 0,830. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh kompetensi guru dan budaya organisasi terhadap produktivitas sebesar 0,899.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...