Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 8, No 1 (2020)

KONTRIBUSI ADVERSITY QUOTIENT DAN SPRITUAL QUOTIENT TERHADAP MANAJEMEN STRESS KERJA GURU SMP NEGERI KECAMATAN BANGKINANG KOTA

Rina Fitria (Post Graduate Student of Riau University)
Isjoni Isjoni (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Azhar Azhar (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi Adversity Quotient dan Spiritual Quotient secara bersama sama terhadap manajemen stres kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Bangkinang Kota. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 orang guru SMP Negeri di Kecamatan Bangkinang Kota. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi dan korelasi sederhana serta berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa adversity quotient memiliki kontribusi terhadap manajemen stres kerja guru dengan kontribusi sebesar 74,4%. Pada pengujian selanjutnya spiritual quotient memiliki kontribusi terhadap manajemen stres kerja guru dengan kontribusi sebesar 73,5%. Hasil uji regresi linier berganda menjelaskan bahwa adversity quotient dan spiritual quotient memiliki kontribusi terhadap manajemen stres kerja guru. Sementara koefisien determinasi yang diperoleh dari kuadrat dari koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar sebesar 76,2%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...