Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 7, No 1 (2019)

KONTRIBUSI KECERDASAN SPIRITUAL DAN AKUNTABILITAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN TUALANG SIAK

Rianda Putra (Post Graduate Student of Riau University)
Daeng Ayub Natuna (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Murni Baheram (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi  kecerdasan spiritual dan akuntabilitas kepala sekolah terhadap kinerja guru olahraga dan untuk mengetahui dan menganalisis variable yang paling berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru olahraga sekolah menengah pertama (SMP) Kecamaan Tualang, Siak. Populasi adalah seluruh guru olahraga sekolah menengah pertama (SMP) yang jumlahnya sebanyak 50 orang. Untuk pengambilan sampel penelitian, peneliti menggunakan tabel isaac dan Michael maka sampel penelitian adalah 47 orang dengan teknik pengambilan sampel yakni metode acak (simple random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui kuisioner (questionaire).Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, juga menggunakan analisis statistik infrensial. Dari hasil penelitian dapat didapatkan kontribusi yang signifikan antara variabel kecerdasan Spirtual (X1) terhadap Kinerja Guru Olahraga (Y) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Tualang, Siak dan besarnya kontribusinya 40,30% dengan tafsiran rendah. Selanjutnya diperoleh kontribusi yang signifikan antara variabel Akuntabilitas Kepala Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru Olahraga (Y) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Tualang, dan besar kontribusinya 46,30% dengan tafsiran sedang. Kemudian Diperoleh kontribusi yang signifikan antara variabel Kecerdasan Spiritual (X1) dan Akuntabilitas Kepala Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru Olaharaga (Y) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Tualang, dan besar kontribusinya 76,00% dengan tafsiran tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...