Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 5, No 2 (2019): Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

M. Alias (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Suci Kurnia Ratih (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Hasil belajar siswa pada materi fikih di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Advance Organizer memperoleh rata-rata kelas 64,43. Hasil belajar siswa pada materi fikih di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer memperoleh rata-rata kelas 74,38. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Advance Organizer pada materi Fiqih terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dengan menggunkan metode ceramah, tanyajawab dan diskus dengan uji t-test yang diperoleh thitung (2,817) > ttabel (1,84).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

TaK

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam ...