MetaBio : Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2020): April 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PERDAGANGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Saragih, Marlindoaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Perdagangan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-test, post-test. Jumlah populasi sebanyak 230 orang dan jumlah sampel sebanyak 62 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata-rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 88,55 dan nilai ratarata post-test kelas kontrol yaitu 85,43. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Perdagangan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh t hitung (3,41) > t tabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Perdagangan Tahun Pelajaran 2017/2018. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Perdagangan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

metabio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode ...