Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 3, No 1 (2019)

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 UNAAHA

Ermayanti, Juli (Unknown)
Aspin, Aspin (Unknown)
Silondae, Dodi Priyatmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Unaaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan pra eksperimen dan menggunakan desain One Group Pre test and Post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket disiplin belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif prensentase terlihat bahwa disiplin belajar siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah, yaitu 48,59% sedangkan sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan dan berada pada kategori tinggi yaitu 84,24%, hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Unaaha mengalami peningkatan 35,65%. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Pvalue= 0,012. Pvalue< α (0,012 < 0,05), dengan demikian H0 ditolak.  Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Unaaha. Kata Kunci: Disiplin belajar, bimbingan kelompok.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...