Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 2, No 1 (2018)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI UNTUK BELAJAR SISWA SMP NEGERI 10 KENDARI

Yunus, Yunus (Unknown)
Muharam, La Ode (Unknown)
Jahada, Jahada (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2018

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. 2) untuk mengetahui motivasi untuk belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari, 3) untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi untuk belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi untuk belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang berjumlah 187 siswa. pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik propotional random sampling sebanyak 25%, sehingga jumlah sampel sebanyak 47 siswa. Hasil penelitian menunjukan: 1) mayoritas konsep diri siswa berada pada kategori positif, 2) mayoritas motivasi untuk belajar siswa berada pada kategori tinggi, 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi untuk belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Kata Kunci: Konsep Diri, Motivasi Untuk Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...