Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 2, No 2 (2018)

PERSEPSI SISWA MENGENAI PERAN GURU BK DALAM MENANGANI MASALAH KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KONTUNAGA

Salmawati, Salmawati (Unknown)
Aspin, Aspin (Unknown)
Silondae, Dodi Priyatmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui persepsi siswa mengenai peran guru BK dalam menangani masalah kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Kontunaga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. populasi penelitian seluruh siswa kelas XII dan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data memakai angket dengan skala Likert sedangkan analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan indikator cara berpikir siswa mengenai peran guru BK dalam menangani masalah kedisiplinan 48% untuk butir pernyataan “Guru BK berwenang penghukum siswa”. Indikator apa yang dirasakan siswa 48% setuju untuk butir pernyataan Guru BK adil dalam menerapkan peraturan sehingga membuat siswa tidak kecewa. Indikator pengalaman siswa baik dengan persentase 64% untuk butir pernyataan Guru BK selalu melaksanakan layanan informasi tentang  kedisiplinan. Persepsi siswa mengenai peran guru BK dalam menangani masalah kedisiplinan keseluruhan indikator adalah baik dengan siswa memilih setuju yakni sebanyak 37,17%. Dapat disimpulkan bahwa pesepsi siswa mengenai peran guru BK dalam menangani masalah kedisiplinan siswa adalah baik. Kata Kunci: Persepsi siswa; Peran Guru BK,  Masalah Kedisiplinan Siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...