Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 1, No 2 (2017)

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN PADA SISWA SMP NEGERI 5 KENDARI

Fitrianingsih, Fitrianingsih (Unknown)
Muharam, La Ode (Unknown)
Binasar, Sudarmi Suud (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang berjumlah 412 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik propotional random sampling sebanyak 15%, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Mayoritas motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi yaitu 39 (61,90%). 2) Mayoritas minat baca di perpustakaan pada siswa berada pada kategori tinggi yaitu 37 (58,73%). 3) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Hal ini berdasarkan nilai koefisien korelasi (rxy) = 0,582 (rhitung> rtabel 0,254). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Baca di Perpustakaan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...