Tujuan penelitian: untuk mengetahui perencanaan karir siswa kelas XI-C4 Perkantoran SMKN 1 Kendari, untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok siswa kelas XI-C4 Perkantoran SMKN 1 Kendari dan untuk mengetahui pengaruh Layanann Bimbingan Kelompok terhadap perencanaan karir siswa XI-C4 SMK 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 11 siswa dari 34 siswa kelas XI-C4 Perkantoran SMKN 1 Kendari yang mempunyai perencanaan karir rendah. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket perencanaan karir siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic non parametric dengan uji wilcoxon macth pairs. Setelah diperoleh data hasil dari angket pre-test dan post-test, maka selanjutnya dapat dilakukan analisis dengan uji wilcoxon macth pairs, dapat diketahui nilai Asym. Sig. (2 tailed) 0,003<0,05. Dari hasil analisis data dapat diketahui ada perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan layanan bimbingan kelompok kepada siswa kelas XI-C4 Perkantoran SMK Negeri 1 Kendari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perencanaan karir siswa SMK Negeri 1 Kendari. Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perencanaan Karir Siswa
Copyrights © 2017