JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Perbandingan Hasil Belajar Dalil Pythagoras Melalui Model Kooperatif Tipe Pair Checks dengan Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa

Wilda Syam Tonra (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi dalil pythagoras yang diajar menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda pada dua kelas eksperimen yang berbeda pula. kelas eksperimen I diajar melalui model kooperatif tipe Pair Checks sedangkan kelas eksperimen II diajar melalui model kooperatif tipe Numbered Heads Together. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Desain penelitian ini adalah randomized posttest only control group design. Desain ini digunakan dua kelas yang dibentuk secara acak dan diasumsikan memiliki karakteristik yang sama (homogen). Pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda sesuai dengan model pembelajaran masing-masing dan akhirnya diberikan posttest (testnya sama). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dalil Pythagoras yang diajar melalui model kooperatif tipe pair checks dengan numbered heads together, namun tidak signifikan. Keduanya pun berada pada kategori yang sama yaitu “tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar dalil Pythagoras yang diajar melalui model kooperatif tipe pair checks dengan numbered heads together.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...