The Innovation of Social Studies Journal
Vol 2, No 1 (2020): The Innovation of Social Studies Journal, Sept 2020

The Strengthening of Discipline Value in Education Training Activities in Rindam VI/Mulawarman as a Learning Resources on Social Studies

Hermansyah Hermansyah (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Syaharuddin Syaharuddin (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Mutiani Mutiani (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai disiplin pada aktivitas pelatihan pendidikan di Rindam VI/Mulawarman dan signifikansinya dalam pembelajaran IPS di sekolah sebagai sumber belajar. Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif digunakan dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan data melalui tiga langkah, yaitu; observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Model Miles dan Hubermen dipilih untuk menganalisis data dengan tahapan; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sebagai penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjangan waktu pengamatan, triangulasi, member check sehingga menghasilkan data jenuh. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa nilai disiplin pada aktivitas pelatihan pendidikan di Rindam VI/Mulawarman dapat dilihat bahwa peserta didik mematuhi aturan dan tata tertib, ketepatan waktu, menjaga kebersihan, dan berpakaian rapi. Nilai disiplin tersebut memiliki signifikansi dalam pendidikan IPS dalam menjadikan warga negara yang baik dengan diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS di sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...