The Innovation of Social Studies Journal
Vol 1, No 2 (2020): The Innovation of Social Studies Journal, March 2020

Ecotourism of Martapura River Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies

Ersis Warmansyah Abbas (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Muhammad Rezky Noor Handy (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Rizky M. Shaleh (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Noorya Tasya Febrylia Witari Hadi (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Sungai sebagai satu bentuk ekosistem memiliki potensi untuk dikembangkan di berbagai aspek. Secara khusus jika dimaksimalkan dalam perspektif pariwisata, maka sungai dapat dijadikan sebagai objek wisata yang menarik minat wisatawan. Namun, sungai dapat pula dimanfaatkan untuk kepentingan sumber belajar. Tentunya, perihal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan relevansi materi ajar. Adapun materi yang relevan dan bisa memuat sungai sebagai sumber belajar adalah mata pelajaran IPS. Penelitian ini mengkhususkan deskripsi ekowisata pada locus penelitian Banjarmasin dengan fokus sungai Martapura dan kaitannya dengan sumber belajar. Dengan demikian tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bentuk ekowisata sungai Martapura serta relevansinya sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil Penelitian dideskripsikan: 1) ekowisata Sungai Martapura Kota Banjarmasin yang banyak diketahui oleh masyarakat Banjar adalah sungai dan Pasar Terapung yang menggunakan sungai sebagai media tempat jual-beli yang membantu peningkatan perekonomian masyarakat sekitar, sungai juga menjadi sarana transportasi masyarakat Banjar, pemerintah juga dalam tahap berusaha menggunakan media sungai sebagai ikon kota seribu sungai dengan pasar terapung Siring Tendean yang menjadi primadonanya; 2) relevansi sungai martapura sebagai sumber belajar IPS dilakukan dengan menyesuaikan materi pada mata pelajaran IPS khususnya di kelas VII semester I dan II. Pada semester I materi yang dapat disampaikan terdapat pada tema “manusia, tempat, dan lingkungan”. Sedangkan semester II “aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan”. Sungai Martapura diharapkan mampu memperkaya konten lokal sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman pembelajaran yang kontekstual.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...