The Kalimantan Social Studies Journal
Vol 2, No 2 (2021): The Kalimantan Social Studies Journal, April 2021

Social Studies Lesson Planning for Children with Intellectual Disabilities in the Pembina State Special School of South Kalimantan Province

Rahayu Rahayu (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Ersis Warmansyah Abbas (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Jumriani Jumriani (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Pencapaian tujuan pembelajaran berkaitan dengan perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS untuk anak tunagrahita di SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data hingga melakukan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian memastikan bahwa perencanaan pembelajaran IPS pada anak tunagrahita di SLBC Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan pada jenjang SMPLB dirancang secara khusus oleh guru untuk memudahkan peserta didik memahami materi oleh pembelajaran. Perancangan pembelajaran tersebut dimuat pada RPP mencakup tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan mencakup aspek apersepsi, menggali pengetahuan, dan pemaparan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti mencakup penyampaian materi dengan melakukan kegiatan berupa mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyajikan hasil belajar. Kegiatan penutup mencakup kegiatan refleksi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran. Perancangan pembelajaran tersebut dibuat oleh guru merujuk Kurikulum 2013. Pada tahap implementasi guru mengalami kendala dalam penyampaian pembelajaran dikarenakan seringnya peserta didik tidak hadir sehingga guru melakukan pengulangan penyampaian materi IPS pada pertemuan selanjutnya. Kendala ini berdampak bagi efektivitas implementasi dari perencanaan yang telah dibuat oleh guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kss

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Kalimantan Social Studies Journal (KSS) is an electronic journal media of students of Social Science Education of FKIP ULM to publish their final assignment in the form of scientific articles in Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM). As the name implied, this journal is an obligation journal in ...