Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2021): Edisi Februari 2021

PENGARUH METODE ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA

Try Capriani Susanti (Universitas Mataram)
Heri Hadi Saputra (Universitas Mataram)
Heri Setiawan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode artikulasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 28 Cakranegara. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 28 Cakranegara. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan ui-t sampel independent dengan bantuan program analisis statistic SPSS 16.0 for windows dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 diperoleh hasil ttest ˂ 0,05 (ttest = 0,00), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh metode artikulasi terhadap keterampilan berbicara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...