Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 2 (2021): Edisi Mei 2021

ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGAJAR SISWA SLOW LEARNER DI KELAS IV SDN 2 KARANG BAYAN

Ro'ihatul Misky (Universitas Mataram)
Ahmad Hari Witono (Universitas Mataram)
Siti Istiningsih (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan strategi guru dalam mengajar siswa slow learner atau lamban belajar di kelas IV SDN 2 Karang Bayan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam mengajar siswa slow learner diantaranya; 1) strategi guru dalam pengelolaan kelas dengan spensifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan keperibadian anak didik .2) strategi guru dalam memperlakukan siswa slow learner dikelas regular dengan cara menempatkan siswa slow learner dibarisan paling depan, melakukan rotasi dengan memperhatikan kondisi siswa. 3) strategi guru dalam memberikan tugas kepada siswa slow learner. 4) startegi guru dalam memotivasi siswa slow learner. 5) strategi guru dalam membuka pembelajarn dengan menarik minat belajar siswa. 6) strategi guru dalam menjelaskan materi pelajaran menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. 7) strategi guru dalam menutup pelajaran dengan meninjau kembali materi yang telah dibahas. 8) strategi guru dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dialami.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...