Beberapa permasalahan yang ditemukan tentang materi pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi antara lain mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami materi Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi karena pada umumnya dosen menyampaikan materi ini hanya menggunakan media power point dan sumber buku cetak dan belum ada sumber belajar yang khusus untuk mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Biologi. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan handout berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan handout berbasis penemuan terbimbing dari aspek hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D, yakni pada tahap develop untuk melihat keefektifan produk dilihat dari hasil belajar mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang terdiri dari 5 butir soal essai. Tes dilakukan oleh seluruh mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat yang telah mengambil mata kuliah evaluasi proses dan hasil pembelajaran biologi, dan diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan handout adalah 68,7 (efektif). Dapat disimpulkan bahwa handout berbasis penemuan terbimbing telah efektif dilihat dari hasil belajar mahasiswa.
Copyrights © 2020