Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Pelita Pendidikan

ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR TAKSONOMI ORGANISME TINGKAT RENDAH TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KKNI

Salwa Rezeqi (Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan)
Wasis Wuyung Wisnu Brata (Unknown)
Dina Handayani (Unknown)
Abdul Rasyid Fakhrun Gani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar mahasiswa terhadap capaian pembelajaran berbasis KKNI dalam mata kuliah Taksonomi Organisme Tingkat Rendah. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pendidikan biologi di Universitas Negeri Medan semester V tahun akademik 2018/2019 yang telah mengampu mata kuliah Taksonomi Organisme Tingkat Rendah yang berjumlah 110 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa materi yang sulit dipahami mahasiswa adalah protista dan eubacteria karena bersifat mikroskopik sehingga sulit untuk diidentifikasi, sedangkan yang mudah dipahami berupa materi fungi dan pterydophyta dikarenakan sudah bersifat makroskopik dan mudah ditemukan dilingkungan sekitar. Sehingga Kesimpulannya adalah bahan ajar disusun sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dilengkapi dengan lembar kerja mahasiswa berbasis masalah agar membiasakan mahasiswa untuk dapat menganalisis suata masalah berdasarkan fakta dan data.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...