Jurnal Revolusi Indonesia
Vol 1 No 5 (2021): Jurnal Revolusi Indonesia

ANALISIS PENGARUH SOCIAL NETWORK MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Imelda Fitria Pratama Putri (Unknown)
Lia Nirawati (Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh social network marketing terhadap kepercayaan konsumen online shop hijabku, (2) pengaruh social network marketing terhadap minat beli konsumen online shop hijabku, (3) pengaruh electronic word of mouth terhadap kepercayaan konsumen online shop hijabku, (4) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen online shop hijabku, (5) pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen online shop hijabku, (6) pengaruh social network marketing terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen online shop hijabku, (7) pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen online shop hijabku. Data dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner terhadap 100 sampel dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model Partial Least Square dengan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social network marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Social network marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Electronic word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Electronic word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Kepercayaan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Social network marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen. Electronic word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) is a national scale journal covering social science studies. This journal focuses on community service, public administration, social influence, institutional, local government systems, public health, etc. Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) will be issued regularly ...