Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan UNIGA

Nilai-Nilai Pedagogis Dalam Hadits Nabi Tentang Adzan Di Telinga Bayi

Hamdani - (Unknown)
Yufi Mohammad Nasrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Problematika yang terjadi di lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan adzan di telinga bayi yang baru lahir cukup banyak menarik untuk dikaji. Terdapat silang pendapat tentang hukum mengumandangkan adzan ditelinga anak yang baru lahir, ada yang menyebutkan sunnah Rasul, anjuran ulama, bahkan ada yang berpendapat perbuatan sia-sia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pendapat para Ulama tentang hadits Nabi tentang adzan di telinga bayi yang baru lahir (2) Hikmah yang terkandung dalam hadits Nabi tentang adzan di telinga yang baru lahir; (3) Nilai-nilai pedagogis dalam hadits Nabi tentang adzan di telinga bayi yang baru lahir; Penelitian ini menggunakan riset kepustakaan (library research) dengan teknik analisis ini (content analysis). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan-pendekatan induktif. Dengan teknik pengumpulan data ialah metode dokumentasi. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan kitab-kitab dan buku-buku yang menerangkan tentang hadits Nabi Saw. tentang adzan di telinga bayi yang baru lahir. Hasil penelitian menunjukan bahwa hadits tentang adzan ditelinga bayi yang baru lahir mengandung hikmah dan nilai-nilai pendidikan agama pada anak terutama pendidikan tauhid dan pendidikan ibadah, pelaksanaan adzan di telinga bayi yang baru lahir juga mempunyai pengaruh positif terhadap kecerdasan spiritual anak karena usia awal anak merupakan masa keemasan yang mampu menerima informasi dengan mudah, dan informasi keagamaan yang disampaikan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...