Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan UNIGA

Siklus Belajar PODS (Predict-Observe-Discuss-Synthesize)

Reza Ruhbani Amarulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Pembelajaran fisika yang cenderung dilakukan dengan cara guru memberikan berbagai informasi berupa fakta dan persamaan-persamaan matematis kepada siswa tidak memfasilitasi siswa untuk menemukan sendiri bagaimana hubungan-hubungan antara fakta-fakta yang ia peroleh. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa, pemahaman konsep yang kurang dan tingkat retensi siswa yang rendah. Dalam pembelajaran fisika, guru haruslah menghadirkan pembelajaran aktif. Salah satu pembelajaran aktif yang dapat digunakan dalam rangka meningkatkan pemahaman saintifik adalah siklus belajar PODS (Predict-Observe-Discuss-Synthesize) yang merupakan siklus pembelajaran sains yang menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran Pembelajaran dengan siklus belajar PODS (Predict-Observe-Discuss-Synthesize) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, dimana siswa dapat lebih aktif dalam mengkonstruk sendiri pemahamanya, guru tidak lagi menjadi sumber pengetahuan melatihkan siswa untuk dapat membangun pemahaman tersebut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...